Bappeda Bengkalis Taja FGD KKS 2021, Rinto: Segera Identifikasi Agenda Penting

Selasa, 16 November 2021

Plt. Kepala Bappeda, Rinto membuka Forum Grup Diskusi penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat, Selasa (16/11/2021).

BENGKALIS–Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Bappeda menggelar Forum Grup Diskusi (FGD) penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat (KKS) tahun 2021. Plt. Kepala Bappeda, Rinto mengharapkan kepada seluruh perangkat daerah (PD) yang terlibat untuk segera mengidentifikasi agenda penting.

“Jangan sampai SK-nya ada tapi kegiatan tidak ada. Untuk pasca Covid-19 ini mari kita identikasi ulang agenda-agena penting terkait dengan penyelenggaran Kabupaten Kota Sehat (KKS),” ujar Rinto saat membuka secara resmi kegiatan FGD penyelenggaraan KKS 2021, bertempat di ruang rapat Lantai II Bappeda Bengkalis, Selasa (16/11/2021).

Hadir dalam pertemuan tersebut utusan dari masing-masing PD yang terlibat serta 2 orang narasumber dari Pemprov Riau. Kedua narasumber ini masing-masing Tien Mastina (Fungsional Perencana Madya Bappedalitbang Provinsi Riau) dan Anusirwan Rozie (Fungsional Adminkes Madya Dinas Kesehatan Provinsi Riau). Turut hadir juga Kabid Sosial Budaya dan Pemerintahan Bappeda Bengkalis, Suwardinata yang memandu jalannya diskusi selama FGD berlangsung.

Rinto yang baru menjabat Plt. Kepala Bappeda Bengkalis menggantikan Hadi Prasetyo menyampaikan, keberadaan program Kabupaten Kota Sehat (KKS) di Kabupaten Bengkalis diakui masih belum optimal. Namun demikian, secara umum program-program kegiatan yang mendukung KKS sebenarnya sudah berjalan di setiap PD.

“Hanya saja belum seiras, setiap SKPD melaksanakan kegiatannya masing-masing tanpa adanya saling koordinasi antar SKPD,” ujar Rinto.

Guna untuk lebih mengoptimalkan lagi pelaksanaan program KKS di Kabupaten Bengkalis, ia berharap kepada narasumber agar bisa memberikan petunjuk baru, apa saja yang perlu dilakukan oleh Pemkab Bengkalis. “Harapan kami seperti itu, kira-kira apa petunjuk yang patut dan harus kami laksanakan,” ujarny lagi.

Dalam kesempatan itu, Rinto berharap kepada peserta yang hadir agar benar-benar serius mengikuti kegiatan FGD ini kemudian melaksanakan rekomendasi-rekomenasi yang nantinya dihasilkan setelah selesai FGD. “Jangan sampai FGD ini hanya selesai di sini,” pesan Rinto.

Saat sesi penyampaian materi, narasumber pertama Tien Mastina menyampaikan materi tentang “Pembinaan Penyelenggaraan Kabupaten / Kota Sehat Provinsi Riau Tahun 2021”. Kemudian dilanjutkan dengan pemateri kedua Anusirwan Rozie yang menyampaikan materi tentang “Penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat”.***