PT Bina Daya Bentala Sosialisasi Pembangunan Hutan Tanaman Industri dan Pelatihan Dalkarhutla

Kamis, 16 Desember 2021

Penyuluhan dan Pelatihan Dalkarhutla kepada MPA dan masyarakat Desa Bonai, Kasang Padang dan Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, Rokan Hulu, di Distrik Jurong Desa Kasang Padang, Kamis (9/12/2021).

BENGKALIS-PT. Bina Daya Bentala melaksanakan Sosialisasi Pembangunan Hutan Tanaman Industri sekaligus Penyuluhan dan Pelatihan Dalkarhutla kepada MPA dan masyarakat Desa Bonai, Kasang Padang dan Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, Rokan Hulu, di Distrik Jurong Desa Kasang Padang, Kamis (9/12/2021).

Dalam kesempatan ini Perusahaan secara transparan menyampaikan tentang Rencana Operasional Perusahaan pada tahun 2022 yang akan datang yang menyangkut beberapa aspek diantara produksi, Ekologi dan Sosial.

Seperti Visi Misi ,Dalkarhutla, URKT 2022, Tata Batas Konsesi, Pengelolaan Kawasan Lindung, Rencana CD-CSR 2022, 

Pengelolaan HCV-HCS, Pemanfaatan HHBK serta Batas Partisipatif, yang dihadiri oleh Kepala desa Bonai, Kepala desa Kasang Padang terpilih dan , Sekdes Sontang serta Ketua Lembaga Kerapatan Adat suku Bonai, para Ninik Mamak dan perwakilan Pemuda , Wanita dan kaum marginal dari ketiga desa tersebut.


Dalam kesempatan ini turut hadir Camat Bonai Darussalam , Kapolsek Bonai Darussalam yang diwakili Kanit Intel, Danramil 10 Kds yang diwakili oleh Babinsa Bonai dan puluhan warga dari tiga desa serta Staff Kantor Camat Bonai Darussalam.

Kepala Unit PT.BDB Allen Wijaya dalam sambutannya menyampaikan Perusahaan berkomitmen melakukan pengelolaan hutan tanaman industri lestari dengan mengembangkan hubungan sosial yang harmonis, ramah lingkungan, menghormati hak hak masyarakat tempatan seta kearifan lokal dan selalu terbuka untuk melakukan kerjasama dengan semua pihak. 

Dalam hal pencegahan dan penanggulangan Karhutla Perusahaan memiliki Regu Pemadam Fulltime 15 orang serta dengan peralatan yang lengkap sesuai dengan regulasi Nomor.P.32/MenLHK/Setjen/Kum.1/3/2016. 

"Setiap minggu secara rutin dengan Satgas Karlahut Satria Kresna akan melakukan Patroli dan Sosialisasi bahaya Karhutla kepada masyarakat," imbuhnya

Sementara Camat Bonai Darussalam Muhammad Franovandi menyambut baik kegiatan sosialasasi FPIC yang setiap tahun secara rutin dilaksanakan oleh PT.BDB sehingga masyarakat dapat mengetahui tentang rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh perusahaan.

"Perusahaan dapat lebih meningkatkan program CD-CSR yang dapat memberi manfaat bagi warga masyarakat," harapnya

Kegiatan diakhiri dengan menandatangani persetujuan dan kesepakatan tentang tentang URKT 2022,Tata Batas dan Tata Ruang, Penetapan Kawasan Lindung serta Program CD-CSR 2022.***