Komisi I dan Komisi II DPRD Bengkalis Review Kinerja OPD 2021 dan Program 2022

Senin, 11 April 2022

Rapat dengar pendapat Komisi I DPRD Bengkalis dengan para mitra kerja, Senin (11/4/2022).

BENGKALIS-Pasca disahkannya Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang baru, terjadi roling pimpinan dan anggota di masing-masing komisi yang ada di DPRD Bengkalis. Guna meningkatkan koordinasi dengan para mitra kerja, masing-masing komisi mengundang Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  yang menjadi mitra kerja masing-masing.

Inti dari pertemuan tersebut adalah review kinerja OPD selama tahun 2021 serta pemaparan tentang program kerja 2022. Disamping itu juga ajang silaturahmi pimpinan komisi yang baru dengan pimpinan OPD yang menjadi mitra kerja masing-masing komisi.

Komisi I

Ketua Komisi I DPRD Bengkalis Febriza Luwu

Komisi I DPRD Bengkalis yang diketuai Febriza Luwu meminta kepada OPD terkait menyampaikan laporan kinerja di tahun 2021 secara rinci dalam melaksanakan kegiatan supaya lebih jelas kegiatan dan program apa saja yang telah dilaksanakan serta kendala-kendalanya tahun 2021,.

Review program dan kegiatan 2021 tersebut dilakukan bersama Dinas PMD, Camat se-Kabupaten Bengkalis, Satpol PP Kabupaten Bengkalis, Bagian Umum, Kabag Hukum Setda Kabupaten Bengkalis dan Kabag Tapem Setda Kabupaten Bengkalis di ruang rapat Komisi I DPRD, Senin (11/4/2022).

Dalam pertemuan tersebut Ketua Komisi I Febriza Luwu menyampaikan permasalahan yang ada di setiap OPD. Salah satu kegiatan yang telah disampaikan oleh masing-masing OPD diantaranya terkait kinerja pendamping desa untuk lebih ditingkatkan lagi kedepannya dan melihat kategori-kategori yang ada di desa sesuai dengan tupoksinya masing-masing supaya tidak ada lagi yang namanya penundaan gaji dan juga DPMD dapat mendampingi desa yang tidak masuk kategori desa yang tidak maju.

Sekretaris Komisi I Nanang Haryanto

Sekretaris Komisi I Nanang Haryanto menambahkan, terkait tapal batas dan pemekaran desa yang ada di daerah-daerah masih ada yang belum terselesaikan, dalam hal itu perlu segera diselesaikan dan ditingkatkan lagi kerjasama dan komunikasi antara pihak terkait demi kepentingan masyarakat kedepannya.

Anggota Komisi I Sanusi

"Sebagaimana kita ketahui bersama permasalahan tapal batas ini sudah banyak kali kita bahas tapi masih ada yang belum terselesaikan, dengan begitu perlu adanya penegasan dan mencari solusi bagaimana menyelesaikan permasalahan ini dengan sebaik mungkin," tambah Anggota Komisi I lainnya, Sanusi.

Anggota Komisi Arianto

Anggota Komisi I lainnya Siantar dan Arianto juga menyampaikan pemekaran desa dan tapal batas perlu koordinasi antara pihak bersangkutan dan kepada pihak BPMD untuk didudukkan kembali dengan camat-camat dan Tapem sebagai penengah untuk segera bergerak dalam menyelesaikan permasalahan ini.

 

Di akhir rapat Ketua Komisi I Febriza Luwu kembali mengingatkan kepada OPD yang hadir bahwa komisi I akan melakukan rapat per triwulan terkait laporan kinerja dengan target tahun 2022 sudah selesai.

KOMISI II

Rapat dengar pendapat Komisi II DPRD Bengkalis dengan para mitra kerja, Senin (11/4/2022).

Pada hari yang sama, Komisi II DPRD Kabupaten Bengkalis yang diketuai H. Adri bersama Wakil Ketua Ruby Handoko beserta anggota juga melakukan review terhadap program dan kegiatan OPD yang menjadi mitra kerja mereka di tahun 2021.

OPD yang diundang yaitu, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perkebunan, Dinas PUPR dan Dinas Perkim. Komisi II meminta kepada setiap OPD untuk menjelaskan capaian kinerja serta kendala yang dihadapi selama tahun 2021 serta program-program kerja di tahun 2022.

Ketua Komisi II DPRD Bengkalis, H. Adri

Ketua Komisi II, H. Adri mengatakan hasil review ini dapat digunakan sebagai bahan acuan untuk memberikan rekomendasi serta saran dan masukan dari anggota komisi II pada rapat paripurna dengan melihat kondisi yang terjadi di tahun 2021.

"Apa-apa yang menjadi kendala pada setiap dinas di tahun 2021 agar dapat dituntaskan di tahun 2022 ini, Intinya kita ingin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kab. Bengkalis," jelas Adri.

Wakil Ketua Komisi II Ruby Handoko

Selanjutnya, Wakil Ketua Komisi II Ruby Handoko, Sekretaris Komisi II Mawardi beserta anggota yang hadir pada saat itu turut mempertanyakan hal-hal terkait program dan kegiatan di dinas khususnya dalam hal memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat seperti pelayanan Roro, kebersihan lingkungan, perbaikan infrastruktur, bantuan kepada masyarakat, serta yang lainnya kepada OPD-OPD terkait.

Sekretaris Komisi II Mawardi

Di akhir rapat, komisi II meminta agar catatan-catatan yang diberikan oleh setiap anggota kepada OPD dapat dievaluasi dan ditindaklanjuti. ****