Komisi III dan Komisi IV DPRD Bengkalis Review Kinerja OPD 2021 dan Program 2022

Selasa, 12 April 2022

3.Rapat dengar pendapat Komisi III DPRD Bengkalis dengan para mitra kerja, Senin (11/4/2022).

BENGKALIS-Pasca disahkannya Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang baru, terjadi roling pimpinan dan anggota di masing-masing komisi yang ada di DPRD Bengkalis. Guna meningkatkan koordinasi dengan para mitra kerja, masing-masing mengundang dan audiensi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi mitra kerja masing-masing.

Inti dari pertemuan tersebut adalah review kinerja OPD selama tahun 2021 serta pemaparan tentang program kerja 2022. Disamping itu juga ajang silaturahmi pimpinan komisi yang baru dengan pimpinan OPD yang menjadi mitra kerja masing-masing komisi.

Komisi III

Komisi III DPRD Kabupaten Bengkalis yang diketuai Laurensius Tampubolon juga mengundang dan bersilaturahmi OPD-OPD yang menjadi mitra kerjanya, Senin (11/4/2022).  Laurensius Tampubolon menyampaikan kepada setiap OPD yang hadir untuk menjelaskan kegiatan dan program apa saja yang belum terlaksana di tahun 2021 supaya bisa mendapatkan solusi dan meningkatkan kerja sama sebaik mungkin demi kepentingan masyarakat kedepannya.

Wakil Ketua Komisi III, Surya Budiman menambahkan, berdasarkan laporan kinerja tahun 2021 yang telah dilaksanakan sebelumnya, ia berharap dinas bisa lebih meningkatkan lagi capaian yang di dapat dan berusaha memperjuangkan hak masyarakat Kabupaten Bengkalis lebih baik lagi.

Sementara Horas Sitorus menambahkan, setelah melihat hasil laporan kinerja tahun 2021 di masing-masing OPD, terjadi peningkatan dan penurunan anggaran yang harus diperbaiki lagi dan juga ia kembali mengingatkan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan terhadap pasar murah yang akan dilaksanakan di masing-masing kecamatan dan desa untuk dilihat lebih teliti lagi data yang diserahkan, takut terjadi kejadian yang sebelumnya banyak masyarakat yang betul-betul susah tidak menerima bantuan tersebut.

Sementara Anggota Komisi III lainnya, Jasmi menanggapi terkait izin usaha untuk ditertibkan lagi supaya semua usaha yang ada di Kabupaten Bengkalis mempunyai izin usaha dan bisa mengembangkan usahanya lebih maju lagi kedepannya dan kepada Dinas Perizinan Satu Pintu untuk langsung turun ke lapangan memberikan pelayanan dan pengarahan kepada masyarakat yang mempunyai usaha untuk mengurus surat izin usahanya.

Di akhir pertemuan Sekretaris Komisi III DPRD Bengkalis, Asmara mengatakan terkait pasar yang ada di Kecamatan Pinggir dan Talang Muandau untuk dipantau lagi karena ada beberapa permasalahan yang harus diselesaikan karena masih banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab mencari keuntungan dengan memungut biaya di pasar tersebut.

Dalam pertemuan itu hadir Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu, Dinas PDAM Kabupaten Bengkalis, Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bengkalis, PT. Bumi Laksamana Jaya dan Bagian Perekonomian Setda.

 

Komisi IV

Audiensi Komisi IV DPRD Bengkalis dengan manajemen RSUD Mandau, Selasa (12/4/2022).

Sehari setelah itu, tepatnya Selasa (12/4/2022), Komisi IV DPRD Kabupaten Bengkalis menggelar audiensi dengan manajemen RSUD Mandau menyusul banyaknya keluhan masyarakat yang mereka terima. Audiensi dilaksanakan pada di Lantai IV RSUD Mandau, Selasa (12/4/2022).

Audiensi dipimpin Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bengkalis, Septian Nugraha. Turut mendampingi Wakil Ketua Komisi IV Firman, Sekretaris Komisi Irmi Syakip Arsalan dan anggot. Sedangkan dari  RSUD Mandau dihadiri Direktur dr. Chairiyah didampingi Kepala Bidang Pelayanan Armen dan Camat Mandau Riki Rihardi.

Mengawali pertemuan, Ketua Komisi IV Septian Nugraha menyampaikan perubahan struktur di Komisi IV. Kemudian dilanjutkan dengan banyaknya keluhan yang mereka terima terkait pelayanan dan fasilitas yang ada di RSUD Mandau.

"Kita berharap pelayanan RSUD Mandau dapat lebih optimal lagi dalam memberikan pelayanan sehingga bisa memberikan yang terbaik buat masyarakat,” ujar Septian.

Sekretaris Komisi IV Irmi Syakip Arsalan menambahkan, pihaknya berharap semoga selama bulan Ramadhan ini tidak mengurangi semangat dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Komisi IV siap memberikan dukungan kepada RSUD sehingga dapat memberikan dampak yang baik buat masyarakat.

Anggota Komisi IV, Giyatno mengatakan, pihaknya akan berusaha membantu semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan manajemen RSUD Mandau agar terciptanya pelayanan yang lebih baik lagi kedepannya.

Seminggu sebelumnya, Selasa (05/04/2022), Komisi IV DPRD Kabupaten Bengkalis melaksanakan hearing bersama guru honorer madrasah, Dinas Pendidikn, dan BPKAD Bidang Anggaran GTKHNK3 terkait turunnya honor guru madrasah.

Ketua Komisi IV Septian Nugraha saat memimpin rapat perdana mengatakan, pengurangan honor guru madrasah menjadi isu di luar sana dan dalam hal ini ujung tombak terkait permasalahan turunnya honor guru madrasah berada di Dinas Pendidikan, maka dari itu perlu dicari solusi bersama.

Sementara Sekretaris Komisi  IV Irmi Syakip Arsalan menjelaskan, honor guru madrasah yang diturunkan harus ada koordinasi antara OPD dan anggota DPRD agar tidak terjadi mis-komunikasi, dimana anggota DPRD tidak tahu asal muasal penyebab diturunkannya gaji, alih-alih isu sudah ramai beredar di masyarakat.

Anggota Komisi IV Zahraini menambahkan, persoalan ini disampaikan di reses dan sudah sampai ke seluruh kecamatan, harapannya permasalahan ini bisa mendapatkan solusinya dan catatan-catatan permasalahan ini akan disampaikan untuk bisa dibahas ke tahap selanjutnya sehingga masalah yang dibahas tidak itu-itu saja.

Demikian halnya Anggota Komisi IV lainnya seperti Erwan, Syafroni Untung dan Morison Bationg Sihite meminta hal-hal yang menyangkut honor guru madrasah harus dicari solusi yang terbaik dan tidak membiarkan saja permasalahan ini, karena sebagai anggota dewan yang merupakan perwakilan dari masyarakat tempat penyampaian aspirasi juga harus bisa mengawal hal ini.***