Tingkatkan Pelayanan Kependudukan, Disdukcapil Bengkalis Undang Berbagai Pihak Berdiskusi

Jumat, 12 Agustus 2022

Kepala Disdukcapil Bengkalis, Ismail memberi keterangan kepada wartawan, Kamis (11/8/2202)

BENGKALIS-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkalis terus melakukan pembenahan dalam pemberian pelayanan kepada publik terkait administrasi kependudukan. Untuk melakukan pembenahan ini, Disdukcapil perlu mendapatkan masukan langsung dari masyarakat Bengkalis.

Untuk memenuhi itu, Disdukcapil Bengkalis melakukan diskusi langsung bersama perwakilan tokoh masyarakat, Lembaga Adat Melayu Riau, organisasi masyarakat, akademisi perguruan tinggi dan media. Diskusi tersebut dilaksanakan di ruang rapat Disdukcapil Bengkalis, Rabu (10/8/2022). 

Kepala Disdukcapil Bengkalis, Ismail kepada wartawan, Kamis (11/8/2202) mengatakan, masukan dari perwakilan masyarakat cukup banyak. Terutama terkait sosialisasi pelayanan kita, apa saja, bagaimana cara mendapatkan pelayanan kependudukan. Ini ternyata sangat penting agar masyarakat tidak bigung dalam mengurus dokumen kependudukan.

Dengan keterbatasan sosialiasi pelayanan kependudukan membuat sebagian masyarakat di Bengkalis banyak mengunakan jasa dari pihak lain untuk mendapatkan dokumen kependudukan. Padahal untuk pengurusannya dokumen kependudukan sangat mudah dan bisa diurus langsung oleh masyarakat tanpa perantara.

"Seperti saat ini kita sudah ada layanan cukup di desa, ini sangat membantu masyarakat. Mereka tidak perlu sulit-sulit, karena tidak tahu membuat masyarakat merasa sulit, padahal belum melakukan pengurusan," tambahnnya.

Dalam pertemuan itu cukup banyak masukan dari perwakilan masyarakat yang diundang kemarin untuk meningkatkan pelayanan ini. Selain sosialisasi pelayanan, juga dalam pertemuan tersebut pihaknya juga diminta untuk mengalakkan penggunaan aplikasi aplikasi pelayanan secara online.

"Termasuk kegiatan jemput bola pelayanan kependudukan yang sudah berjalan untuk terus dilaksanakan dan semakin diperluas tidak hanya ke desa-desa tapi ke kantong-kantong masyarakat lainnya," tambahnya.

Masukan yang diberikan ini nantinya sebagai evaluasi agi Disdukcapil untuk membenahi pelayanan. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang lebih baik lagi di kemudian hari.***