Pimpin Upacara HUT RI,  Bupati Bengkalis Ajak Hargai Keberagaman

Rabu, 17 Agustus 2022

Bupati Bengkalis, Kasmarni menjadi inspektur upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Tugu, Rabu (17/8/2022).

BENGKALIS-Di usia Indonesia yang semakin matang, Bupati Bengkalis, Kasmarni mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Bengkalis untuk bersama-sama merefleksikan pesan perjuangan dari para pahlawan terdahulu.

"Seperti amanat pejuang masa lalu, mari kita berkontribusi dan ikut berperan dalam mengisi pembangunan di negara ini. Agar Indonesia, pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat," ajak Kasmarni saat memimpin upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Tugu Bengkalis, Rabu (17/8/2022).

Selaras dengan tema yang diusung, yakni Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, Bupati perempuan pertama di Riau itu menyebutkan bahwa kita semua telah bekerja keras menyelesaikan berbagai persoalan akibat wabah Covid-19. Pandemi telah memberikan kecemasan sosial, hingga tekanan ekonomi berat yang kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Bengkalis.

Berbagai upaya dan solusi terus dicarikan, namun tantangan yang dihadapi memerlukan proses dan kinerja lebih keras lagi dari seluruh elemen yang ada wilayah berjuluk Negeri Junjungan itu. Kasmarni juga menyoroti masalah kemajemukan masyarakat Kabupaten Bengkalis. Menurutnya, hal tersebut harus menjadi perhatian semua pihak.

"Untuk itu, saya mengajak kita semua menghargai keberagaman yang ada. Mari kita jaga komitmen, sinergi, keharmonisan demi terwujudnya Kabupaten Bengkalis yang lebih maju dan sejahtera," ajaknya lagi.

Bertindak sebagai perwira upacara Letnan Satu Infantri Ucok Dioji Samosir Pasi Log Kodim 0303 Bengkalis, Komandan Upacara AKP. Rifendi Kasat Samapta Polres Bengkalis. Petugas pelaksana pengibar Sang Saka Merah Putih dilakukan 46 putra-putri terbaik Bengkalis, bertugas sebagai Danki anggota Paskibraka yaitu Serka Muhammad Ari Muntahar.

Selanjutnya yang bertugas sebagai pengibar bendera Merah Putih Aditya Irmansyah Lubis dari SMAN 1 Mandau, Yohanes Marbun SMAN 6 Bathin Solapan dan Ibnu Syawal dari Pondok Modern Nurul Hidayah Bengkalis.

Detik-detik Proklamasi

Usai menjadi inspektur upacara pengibaran Bendera Merah Putih di Lapangan Tugu, Bupati bersama Wakil Bupati dan Forkopimda mengikuti peringatan Detik-Detik Proklamasi secara virtual yang dipimpin Presiden Joko Widodo di ruang Dang Merdu Lantai IV Kantor Bupati Bengkalis.

 Kasmarni menyampaikan, sejalan dengan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini, Pemerintah Kabupaten Bengkalis mendukung upaya dari pemerintah pusat dalam mewujudkan "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat".

Mengingat, sampai saat ini negera kita belum terlepas dari kasus Covid-19 yang masih menjadi permasalahan dan tantangan pembangunan yang harus dilewati. Namun kita tetap optimis dalam mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermasa yakni Bermarwah, Maju dan Sejahtera.

Sesuai dengan tema peringatan HUT ke-77 tahun ini, pulih lebih cepat bangkit lebih kuat, maka harus ada dukungan sinergi serta kolaborasi semua elemen masyarakat untuk mewujudkan cita-cita tersebut. terang Kasmarni.

Diakhir peringatan detik-detik proklamasi HUT Ke -77 RI tahun ini, terlihat berbeda jika dibandingkan dengan tahaun sebelumnya, dimana tahun ini banyak penamblilan atraksi-aktrasi dari anak bangsa.

Yang tak kalah hebohnya lagi, penampilan bocah SD yang saat ini lagi viral yakni Farel Prayoga dengan lagu handalannya “Ojo Dibandingke”, tidak hanya di mimbar utama saja yang ikut menikmati penampilan dirinya, tetapi Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis serta para Forkopimda juga ikut bergoyang.

Usai mengikuti peringatan Detik-detik Proklamasi secara virtual, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis remisi 858 narapidana Lapas Kelas II A Bengkalis.***