Puluhan Anggota DWP Bengkalis Ikuti Penyuluhan Kesehatan Mengenali Depresi pada Keluarga

Rabu, 20 Juli 2022

BENGKALIS - Tumbuhkan mental health (sehat), puluhan anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bengkalis mengikuti penyuluhan kesehatan mengenali depresi pada keluarga, Rabu (20/7/2022).

Diselenggarakan di aula kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbang) Bengkalis, penyuluhan itu disampaikan narasumber dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bengkalis Dr. Rita Astriani Noviati.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bengkalis Akna Juita membuka langsung penyuluhan yang digelar bersamaan dengan arisan bulanan tersebut.

Adapun penyelenggara dari penyuluhan ini merupakan DWP Dinas Perikanan, Dinas Kesehatan, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah serta Balitbang.
Akna menyebut digelarnya penyuluhan ini guna memberikan pemahaman bagi anggota DWP Kabupaten Bengkalis agar memiliki jiwa dan mental yang sehat. Dirinya menilai kesehatan mental penting dijaga guna membentuk fisik yang baik pula sehingga dalam berorganisasi dapat dilakukan secara baik.

"Bukan hanya kesehatan fisik, namun kesehatan mental juga berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari," kata Akna Juita.

Dihadapan peserta penyuluhan, Akna meminta mengikuti pelatihan itu dengan sungguh-sungguh, sehingga dapat menyerap ilmu yang diberikan narasumber secara baik.

"Mari kita simak dan kita dengarkan agar menambah wawasan serta dapat kita terapkan minimal di keluarga kita masing-masing," harapnya. 

Sementara Dr. Rita Astriani Noviati menyebut penderita depresi sering tidak menyadari dirinya mengidap depresi.

"Sering kali seseorang yang depresi baru menyadari ketika dirinya telah melakukan hal-hal diluar batas kewajaran," pungkasnya.

Oleh karena itu, perlu pemahaman yang lebih guna mengatasi serta menentukan langkah selanjutnya jika telah memiliki gejala depresi.

Dalam kesempatan tersebut turut dilakukan sesi tanya jawab bersama narasumber. ***