Pemkab Bengkalis Alokasikan Rp30,781 M untuk Rumah Ibadah

Sabtu, 08 Juni 2013

Bupati H Herliyan Saleh menyerahkan bantuan untuk masjid dan musala yang ada di Kecamatan Bengkalis,

BENGKALIS.Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh menyerahkan bantuan kepada 45 masjid dan musala yang ada di Kecamatan Bengkalis dengan total nilai bantuan Rp6,287 miliar (Rp6.287.752.000). Besar bantuan yang diterima setiap masjid dan musala bervariasi, mulai dari Rp20 juta hingga Rp500 juta.  

Penyerahan bantuan kepada masjid dan mushala dilakukan Bupati kepada para pengurus bertepatan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad di Masjid Istiqomah, Rabu (5/6) malam. Ikut menyerahkan bantuan bersama Bupati, Wakil Bupati Bengkalis H Suayatno, Ketua DPRD Bengkalis Jamal Abdillah, Sekretaris Daerah H Asmaran Hasan.

Tahun ini Pemkab Bengkalis mengalokasikan bantuan untuk 340 masjid dan mushola yang ada Negeri Junjungan dengan nilai sebesar Rp30,781 miliar lebih (Rp30.781.090.000). Secara rincin jumlah masjid sebanyak 185 buah senilai Rp21,846 miliar (Rp21.846.908.00,-) dan musala sebanyak 155 buah sebesar Rp8,934 miliar lebih (Rp Rp8.934.182.000,-).

Penyerahan bantuan untuk masjid dan musala akan dilakukan di setiap kecamatan. Insya-Allah, pada peringatan hari besar keagamaan di setiap kecamatan, Bupati menyerahkan langsung kepada pengurus masjid dan mushola

Dipaparkan Bupati, bantuan kepada tempat ibadah sebagai bentuk kepedulian Pemkab Bengkalis untuk pembangunan bidang keagamaan agar terwujud masyarakat Kabupaten Bengkalis yang religius.

“Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat dan dapat digunakan sebaik-baiknya guna menunjang ibadah untuk meningkatkan iman dan takwa masyarakat,” ungkap Bupati.

Bupati juga berharap keberadaan masjid jangan hanya terlihat megah, namun harus dibarengi dengan kegiatan-kegiatan religius, seperti shalat berjamaah, pendidikan mengaji anak-anak. “Pada zaman Rasulullah SAW, masjid hanya tempat shalat semata, namun dijadikan juga sebagai sarana melakukan pemberdayaan umat, seperti tempat pembinaan dan penyebaran dakwah Islam, sebagai tempat untuk konsultasi dan komunikasi masalah ekonomi, sosial dan budaya,” ujarnya.

Selain memberikan bantuan kepada rumah ibadah, Pemkab juga akan memberangkatkan 40 warga ke tanah suci Mekkah untuk menunaikan umroh tahun ini, terdiri dari imam masjid dan musala, guru ngaji, mualaf dan qori-qoriah terbaik pada ajang MTQ Tingkat Provinsi Riau di Bengkalis tahun lalu.

“Kaitan dengan ini, kami mohobantua da do restu  kepad par ali ulama, guru ngaji, agar cita–cita mulia kita untumembangunmasyarakat yang religius dapat terwujud. Insya Allahdengan dukungan dan partisipasi dari seluruelemen masyarakaharapan tersebut dapat kitawujudkan bersama,”  harap Bupati.(bku)