Bengkalis Pilot Project Penerapan Kartu Elektronik Penyaluran BBM Subsidi untuk Sumatera

Kamis, 06 Oktober 2022

Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis melakukan koordinasi dengan PT. Pertamina Patra Niaga (PPN) Region Sumbagut di Pekanbaru, Rabu (5/10/2022)

BENGKALIS-Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis melakukan koordinasi dengan PT. Pertamina Patra Niaga (PPN) Region Sumbagut di Pekanbaru, Rabu (5/10/2022). Tujuannya untuk memberi kemudahan penyaluran BBM bersubsidi kepada nelayan dan pembudidaya ikan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis melalui Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Muchlizar, menjelaskan, dalam pertemuan tersebut kedua belah pihak sepakat untuk menjalin kerjasama dengan melibatkan BRI yang akan menerbitkan kartu elektronik sebagai alat transaksi, monitoring dan pengawasan penyaluran BBM bersubsidi kepada nelayan dan pembudidaya ikan.

Melalui kartu ini diharapkan nelayan memeperoleh kemudahan pelayanan mendapatkan BBM bersubsidi. Di samping itu juga untuk memudahkan pihak berwenang dalam melakukan monitoring dan pengawasan penyaluran BBM bersubsidi secara cukup dan tepat sasaran.

Dengan disepakati kerjasama ini, Bengkalis akan menjadi pilot project penggunaan kartu elektronik untuk wilayah Sumatera, khususnya Provinsi Riau.
Menurut pihak PPN, Bengkalis dipilih untuk pilot project karena diketahui Pemkab Bengkalis melalui Dinas Perikanan telah melaksanakan peran dan fungsinya dengan baik memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama nelayan dan pembudidaya ikan dalam mendapatkan kebutuhan BBM bersubsidi sebagaimana amanat yang tertuang dalam Peraturan Presiden No. 191 Tahun 2014, tentang penyediaan, penyaluran dan harga eceran BBM.  Kemudian Peraturan BPH Migas No. 17 Tahun 2019 tentang  penerbitan surat rekomendasi  oleh perangkat daerah untuk pembelian jenis BBM tertentu.

 

 

Begitu juga dengan langkah proaktif dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam menindaklanjuti ketentuan di atas tersebut dengan menerbitkan 
SE Bupati Bengkalis no. 510/Dagperin-set/VIII/2022/151 tentang pengendalian pendistribusian jenis BBM tertentu, bio solar bersubsidi di Kabupaten Bengkalis.

Di samping itu, komunikasi yang baik telah terjalin ik selama ini antara Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis dengan PT. PPN  dalam penyelesaian beberapa persoalan yang terjadi di lapangan terkait penyaluran jenis BBM tertentu ini dari pihak SPBU/SPBUN kepada nelayan dan pembudidaya ikan di Bengkalis.

Kedua belah pihak berharap pilot project ini dapat terealisasi cepat dan mendapat dukungan dari berbagai pihak terkait lainnya serta manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.***