Buka Musrenbangdes Teluk Papal, Camat: Membangun Jangan Bagi Rata, Tapi Skala Prioritas

Selasa, 25 Oktober 2022

TELUK PAPAL-Pemerintah Desa Teluk Papal  melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) RKP Desa Tahun 2023 dan Daftar Usulan Rencana Pembangunan Tahun 2024 di gedung Serba Guna Desa Teluk Papal, Selasa (25/10/2022)

Camat Bantan, Muthu Sily dalam pengarahannya, mengatakan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2022 , dana ADD mengalami  pengurangan sebesar 7,3 persen.

Pengurangan ini dampak dari menurunnya penerimaan  Dana Bagi Hasil (DBH) sebesar Rp20 milliar sehingga berdampak pada ADA yang diambil dari DBH sebesar 10 persen. Camat Bantan juga menambahkan, terkait realisasi dana Bermasa di Desa Teluk Papal sudah bagus kendati belum sepenuhnya terutama infrastruktur 60 peresen.

Seperti diketahui dana Bermasa untuk membantu kekurangan dana dalam proses pembangunan desa. Untuk itu kepada Perintahan Desa jangan membangun dengan cara bagi-bagi rata, tapi bangunlah mengacu skala prioritas

"Jangan bagi-bagi rata sehingga tidak maksimal. Usulan setiap tahun muncul terus usalan yang itu-itu saja," jelasnya.

Camat Bantan menambahkan, apa yang menjadi usulan dalam Musrenbangdes akan diteruskan sebagai usulan kecamatan. "Saya minta satu aja yang menjadi perioritas dan mudah-mudahan dapat terealisasi," imbunya.

Sebelumnya Kepala Desa Teluk Papal, Lakuning Ratno dalam sambutannya mengucapkan puji sukur atas terlaksananya Musrenbangdes yang mana hasilnya akan diusulkan ke kecamatan.

"Sesuai dengan usulan kita, RKPdes sudah selesai yang akan kita laksanakan pada tahun 2023," jelasnya.

Lakuning Ratno juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Bengkalis yang telah menggulirkan program Bermasa sehingga desa dapat melakukan pembangunan. "Semoga program Bermasa ini berkelanjutan sehingga pembangunan di desa bisa lebih cepat," jelasnya. ***