Pemerintah Kecamatan Bantan Gelar MAD Pembentukan BKAD

Selasa, 01 November 2022

Camat Bantan, Muthu Saily membuka MAD pembentukan BKAD di Ruang Rapat Kembung, Kantor Camat Bantan, Selasa (1/11/2022).

BENGKALIS-Pemerintah Kecamatan Bantan menggelar Musyarawah Antar Desa (MAD) pembentukan Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) se-Kecematan Bantan. MAD dibuka oleh Camat Bantan Muthu Saily di Ruang Rapat Kembung, Kantor Camat Bantan, Selasa (1/11/2022).

Camat Muthu Sily dalam pengarahannya mengatakan, pembentukan BKAD diatur Pemendagri 96 tahun 2017. Sebelumnya BKAD merupakan bentukan  eks PMPN Mandiri.

Dipaparkan Camat, pembentukan BKAD sangat penting untuk menunjang kegiatan, salah satunya pelatihan. Mengacau pada Surat Edaran Sekda Kabupaten Bengkalis, ada beberapa tahapan pembentukan BKAD ini, dimulai dari pembentukan LKD di tingkat desa.

Selanjutnya digelar pra-MAD dimana fokusnya pada kegiatan rapat yang mau dikerjsamakan dan ditetapkan adalah kegiatan pelatihan.

"Setelah pra baru melakukan MAD dan dibentuk unit-unitnya serta AD RTnya," jelas Muthu.

Camat berharap pembentukan BKAD Kecamatan bisa selesai hari ini juga, meski sampai malam hari nanti.  Ditegaskan juga, setiap keputusan dan tahapan dibuat berita acaranya dan hasilnya disampaikan ke kacamatan. "Ikuti kegiatan ini sampai selasai, mudah-mudahan kegiatan pembentukan BKAD berjalan dengan lancar," imbuhnya.

Ketua IKD Kecamatan Bantan, Jalaludin mengatakan, MAD pembentukan BKAD ini menyusul telah habisnya masa kepengurusan sebelumnya. Ditambahkan Jalal, BKAD dibentuk atas dasar kesepakatan antar desa untuk membantu kepala desa dalam melaksanakan kerja sama antar-desa, selanjutnya untuk menunjang kegiatan program bersama dan BKK provinsi.

Sebelumnya Ketua BKAD Kecamatan Bantan yang akan domisioner, H. Syamsudin mengatakan, peserta MAD sebanyak 115 orang berasal dari Lembaga Kerjasama Desa (LKD) se-Kecamatan Bantam. "Semoga pembentukan BKAD se-Kecamatan Bantan dapat terlaksana dengan baik," ujarnya.

Hadir dalam MAD ini Sekcam Bantan Aulia Fikri, Kepala Desa dan Ketua BPD se-Kecamatan Bantan serta anggota Delegasi Lembaga Kerjasama Desa (LKD).***