Buka MTQ Kabupaten Bengkalis, Ini Pesan dan Harapan Bupati Bengkalis

Selasa, 15 November 2022

Bupati Kasmarni didampingi Wakil Bupati Bagus Santoso, Ketua DPRD Khairul Umam, Sekda Bustami HY, Camat Bukitbatu Acyl Esyno dan Anggota DPRD menekan tombol sirine saat membuka MTQ Kabupaten Bengkalis, Senin malam (14/11/2022).

BUKITBATU-Bupati Bengkalis, Kasmarni membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-47 tingkat Kabupaten Bengkalis di Kompleks Pertamina Bukitbatu, Senin malam (14/11/2022). 

Pelaksanaan MTQ lebih kurang sekitar 7 hari sejak tanggal 13 hingga 20 November 2022 itu mengangkat tema "Merangkai Kehidupan Bersendikan Alquran Dalam Mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah Maju dan Sejahtera".

Pembukaan MTQ diawali dengan penekanan tombol sirine oleh Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi Wakil Bupati Bagus Santoso, Ketua DPRD Bengkalis Khairul Umam, Sekda Bengkalis Bustami HY, Camat Bukitbatu Acyl Esyno dan anggota DPRD Bengkalis.

Bupati berharap MTQ yang dilaksanakan setiap tahunnya dapat menjadi peningkatan minat generasi muda dalam membaca Alquran serta meningkatkan pengetahuan masyarakat. "MTQ yang dilaksanakan tidak hanya sekadar lomba dalam membaca, menghafal atau mengkaji isi Alquran tetapi menjadi syiar dalam memperkuat keberadaan dan ajaran dalam Alquran," kata Bupati.

Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat Negeri Junjungan untuk bersama-sama dalam menguatkan komitmen untuk kembali kepada nilai-nilai Alquran dalam kehidupan agar menjadikan Al-Qur'an sebagai landasan kehidupan dalam membangun kehidupan yang lebih mulia maju dan sejahtera.

"Melalui momentum MTQ hendaknya seluruh elemen masyarakat untuk ikut bermusabaqah atau berlomba menunjukkan kualitas dalam pengamalan Al-Qur'an dan berlomba untuk menjadikannya sebagai petunjuk dalam memperkokoh akhlakul karimah," kata Bupati.

"Kita harus membentengi diri, keluarga dan anak-anak dengan memasyarakatkan nilai-nilai Al-Qur'an dalam kehidupan," kata Mantan Camat Pinggir ini.

Bupati mengatakan dalam mencapai Visi mewujudkan Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah Maju dan Sejahtera terus bergerak dan bergeliat dalam membangun Negeri Junjungan melalui tiga Misi utama serta delapan program unggulan.

"Berbagai inovasi sudah kita gelontorkan untuk masyarakat salah satunya dengan bantuan program keuangan yang saat ini sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar," kata Bupati.

MTQ ke-47 Tingkat Kabupaten Bengkalis diikuti sebanyak 491 peserta dengan rincian Kecamatan Bantan orang peserta, Kecamatan Bukit Batu 45 peserta, Kecamatan Bengkalis 51 peserta, Kecamatan Bandar Laksamana 43 peserta, Kecamatan Rupat 45 peserta.

Kemudian Kecamatan Rupat Utara 41 peserta, Kecamatan Siak Kecil 41 peserta, Kecamatan Bathin Solapan 46 peserta, Kecamatan Mandau 45 peserta, Kecamatan Talang Muandau 43 peserta dan Kecamatan Pinggir 45 peserta. Peserta akan bermusabaqah pada 7 cabang lomba dan 20 golongan.

Hadir pada malam pembukaanKetua LPTQ Provinsi Riau Ahmadsyah Harrofi, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Siti Aisyah, Ketua DWP Kabupaten Bengkalis Akna Juita, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, dan Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. ****