Bupati Bengkalis Ikuti Pengawasan Daerah

Selasa, 15 November 2022

PEKANBARU-Bupati Bengkalis, Kasmarni mengikuti Pengawasan Daerah yang ditaja Inspektorat Provinsi Riau di Hotel Grand Central Pekanbaru, Selasa (15/11/2022). 

Acara dibuka Wakil Gubernur Riau, Eddy Natar Nasution diikuti Bupati/Walikota se-Provinsi Riau dan inspektur. Wagub dalam arahannya mengatakan, inspektorat daerah memiliki peran yang strategis, selain membantu kepala daerah juga merupakan perpanjangan tangan pemerintah pusat dalam penyelenggaraan pengawasan yang di atur dalam peraturan pemerintah Nomor 72 tahun 2019 tentang perangkat daerah.

Eddy menjelaskan kegiatan pengawasan daerah merupakan agenda pengawasan yang menjadi salah satu instrumen untuk mengukur tingkat kinerja perangkat daerah dalam percepatan pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan dari Inspektorat Kementerian Jenderal Dalam Negeri.

"Untuk meningkatkan fungsi dan peranan pengawasan dalam pelaksanaan pengawasan tugas dan fungsi setiap unit kerja pada pemerintah daerah dalam mewujudkan pemerintahan yang baik atau good governance," katanya.

Dipaparkan Wagub, perlu dilakukan upaya strategis yakni meningkatkan koordinasi antara aparat pengawasan pemerintah, meningkatkan efektivitas kegiatan pengawasan sebagai salah satu substansi yang sangat penting dimasa yang akan datang.

Bupati Bengkalis, Kasmarni usai acara mengatakan pengawasan daerah Provinsi Riau dilaksanakan selain untuk meningkatkan efektivitas pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah, juga meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab pemerintah daerah dan pimpinan kerja atau unit instansi tentang arti penting tindak lanjut hasil pemeriksaan.

"Di samping itu juga sebagai upaya untuk mendapatkan kualitas hasil pengawasan dan profesional Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) secara baik dan transparan," ujar Bupati.***