BKAD Kecamatan Bantan Taja Pelatihan Mekanisme dan Tahapan Pilkades

Sabtu, 17 Desember 2022

BENGKALIS-Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Bantan menggelar pelatihan Mekanisme dan Tahapan Pemilihan Kepala Desa se-Kecamatan Bantan di salah satu hotel di Bengkalis, Jumat (16/12/2022).   

Pelatihan diikuti Badan Pemusyawarahan Desa (BPD) se-Kecamatan Bantan. Kegiatan yang digelar selama dua hari ini dibuka Sekretaris Camat Bantan, Aulia Fikri. Dalam pengarahannya Sekcam meminta seluruh peserta mengikuti kegiatan ini secara serius meningat tahapan pemilihan kepala desa serentak akan berlangsung tahun depan.

Dipaparkan Sekcam, BPD mempunyai peran penting dalam tahapan pemilihan kepala desa tahun depan. Karena kepanitian pemilihan nantinya akan dibentuk BPD masing-masing desa. "Pelaksanaan pemilihan kepala desa nantinya orang-orang di BPD yang akan ada di kepanitiannya. Tentunya ada regulasi-regulasi yang harus dipahami sehingga apa yang disampaikan oleh pemateri dalam pelatihan ini sangat berguna," terangnya.

Aulia Fikri juga mengatakan begitu banyak kesempatan bagi perangkat desa dan BPD untuk meningkatkan kapasitas diri. Pihaknya berharap kesemapatan-kesempatan yang ada tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Salah satunya pelatihan yang dilakukan oleh BKAD pada hari ini, diharapakan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baik. Selain itu kesempatan menambah kapasitas diri bisa juga dengan memanfaatkan teknologi dengan membaca informasi informasi yang tersedia diberbagai platfrom.

"Rajinlah membaca aturan-aturan yang terkait desa. Ada 30 tujuan aturan tentang desa, bisa diakses dan dibaca melalui berbagai platform," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Sekcam juga menyampaikan kepada para anggota BPD di masing-masing desa, jika memang mampu dan memiliki keinginan maju sebagai kepala desa sangat dipersilahkan. Tetapi tentu harus disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

"Saran saya jika memang ada anggota BPD yang memiliki kemampuan untuk menjadi kepala desa, silahkan untuk maju, tetapi pastikan memang ada kemampuan,”tandasnya

Sebelumnya Ketua BKAD Kecamatan Bantan, Muhammad Zahari yang juga sebagai anggota BPD Desa Berancah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Camat Bantan yang sudah mensupport luar biasa BKAD dan ucapan terima kasih juga kepada kepala desa se-Kecamatan Bantan yang telah memberikan kepercayaan kepada BKAD untuk melaksanakan pelatihan ini.

“BKAD yang baru saja dibentuk akhir Oktober lalu, ibarat tanaman baru seumuran jagung.Tentu banyak salah silap mohon dimaklumi dan kekurangan di sana-sana. Jika dalam perjalanan ke depan ada yang kurang pas, mohon kirinya ditegur tentunya dengan cara-cara yang elegan dan bersifat membangun,” harapnya. 

“Mudah -mudahann BKAD di periode kami ini bisa menjadi yang terbaik minimal di Kabupaten Bengkalis,” tutupnya. ***