Bengkalis Kembali Raih Adipura

Rabu, 12 Juni 2013

BENGKALIS.Kota Bengkalis kembali meraih penghargaan Piala Adipura untuk kategori kota kecil terbersih. Penghargaan ini merupakan sebuah hadiah istimewa bagi masyarakat Kota Terubuk mempertahankan suasana bersih, asri dan nyaman.

Alhamdulillah, tahun ini Kota Bengkalis satu diantara 109 kota yang ada di Indonesia meraih prediket kota terbersih. Kita patut berterima kasih kepada seluruh masyarakat kota Bengkalis yang konsisten menjaga kebersihan, sehingga menciptakan kota yang bersih, nyaman dan asri,” ungkap Kepala Bagian Humas, Andris Wasono, Minggu (7/6).

Penyerahan Piala Adipura dijadwalkan malam ini (8/6) oleh Menteri Lingkungan Hidup, Prof Dr Balthasar Kambuaya kepada Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh di Hotel Bidakara Jakarta. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pemberian Piala Adipura tidak seluruhnya dilakukan di Istana Negera. Penyerahan piala langsung dari Presiden Susilo Bambang Yudoyono dilakukan kepada daerah yang baru pertama kali menerima piala Adipura serta penerima kelima kali berturut-turut.

“Karena kita baru dua kali berturut-turut, penyerahan Piala Adipura tidak di Istana Negara, tapi dilakukan Menteri Lingkungan Hidup di Hotel Bidakara Jakarta. Meskipun demikian, hal ini tidak mengurangi makna dari piala Adipura tersebut,” ujar ujar mantan Camat Bukit Batu ini.

Setelah diterima Bupati, Piala Adipura akan dibawa ke Bengkalis untuk dilakukan penyambutan oleh tokoh masyarakat, tokoh adat, pegawai di lingkungan Pemkab Bengkalis dan tentunya para petugas kebersihan di lapangan, kemudian diarak keliling kota Bengkalis. Acara penyambutan dan arak-arakan piala Adipura ini keliling kota diselenggarakan, Kamis (13/6) lusa.

Untuk memeriahkan arak-arakan piala Adipura, Pemkab Bengkalis menghmbau kepada seluruh masyarakat kota Bengkalis dan sekitarnya untuk ikut meramaikan.  Kenapa jadwal arak-arak Piala Adipura baru dilakukan, Kamis lusa, menurut Kabag Humas, setelah menerima Piala Adipura, Bupati Bengkalis masih harus menghadiri audensi dengan Wakil Presiden RI, Budiono.

Terkait penghargaan Adipura ini, papar Kabag Humas, Bupati memberikan penghargaan kepada pihak-pihak yang terlibat langsung untuk meraih penghargaan Adipura ini,  seperti Badan Lingkungan Hidup (BLH), Dinas Pasar dan Kebersihan, Dinas Pendidikan Satpol PP, Camat, Lurah, sekolah, ketua RW dan ketua RT serta masyarakat pada umumnya.

“Apresiasi paling istimewa kepada para petugas kebersihan dari Dinas Pasar dan Kebersihan Kabupaten Bengkalis. Mereka tak kenal lelah bertugas siang dan malam, tak kenal panas maupun hujan demi mewujudkan kota Bengkalis yang bersih,” ujar Kabag Humas.

Pemkab Bengkalis juga merasa bangga atas kesadaran warga kota yang ikut berpartisipasi mewujudkan kebersihan di lingkungan masing-masing. Saat ini warga sudah membudayakan sikap membuang sampah dapat tempatnya, sehingga tidak lagi ditemukan sampah yang berserakan dimana-mana. Warga merasa malu jika di lingkungan tempat tinggalnya terdapat sampah berserakan.(bku)