7 Fraksi DPRD Bengkalis Sampaikan Pandangan Umum terhadap LKPj Bupati

Senin, 14 Maret 2022

Juru Bicara Fraksi PKS, H. Jasmi menyerahkan pandangan umum fraksi kepada Ketua DPRD Bengkalis, H. Khairul Umam, Senin (13/2/2023).

BENGKALIS-Tujuh fraksi DPRD Bengkalis menyampaikan pandangan umum terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Bengkalis Tahun Anggaran 2022, Senin (13/3/2023).

Sebelum rapat dimulai, Sekretaris DPRD Kabupaten Bengkalis Rafiardhi Ikhsan mengumumkan jumlah anggota dewan yang hadir bahwa rapat telah kourum. Rapat dipimpin Ketua DPRD, H. Khairul Umam didampingi Wakil Ketua DPRD Sofyan dan dihadiri Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso.

 

  1.  Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso menyerahkan LKPJ Bupati Bengkalis 2022, Senin (13/3/2023). 

 

Pandangan umum pertama disampaikan Fraksi PKS melalui juru bicaranya H. Jasmi. PKS meminta pemerintah daerah lebih memperhatikan pencapaian fokus pembangunan pada rencana pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang telah disusun bersama serta pencapaian terhadap visi dan misi pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang bermarwah maju dan sejahtera.

Kemudian Fraksi Golkar disampaikan Al Azmi.  Menurut Golkar, dilihat dari setiap kendala-kendala yang muncul peran serta pemerintah sangat responsif untuk menuntaskan permasalahan meskipun secara bertahap dan berharap kedepannya pelaksanaan program-program berjalan secara konsisten dan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

 

Juru Bicara Fraksi PKS H. Jasmi menyerahkan pandangan umum fraksi kepada Ketua DPRD Bengkalis H Khairul Umam.   

Selanjutnya Fraksi PDI Perjuangan melalui juru bicara Febriza Luwu mendorong Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk memanfaatkan secara optimal seluruh pendapatan dan penerimaan untuk program-program prioritas yang vital bagi kepentingan langsung terhadap masyarakat kemudian mendorong peluasan akses infrastruktur daerah dan infrastruktur perkotaan, baik infrastruktur jalan, jembatan, pendidikan dan kesehatan agar dapat diprioritaskan pada daerah yang masih minim tersentuh pembangunan oleh pemerintah daerah, karena hal tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

 

Juru Bicara Fraksi Golkar Al Azmi menyerahkan pandangan umum fraksi kepada Ketua DPRD Bengkalis H Khairul Umam.  

Fraksi Partai Amanat Nasional melalui juru bicaranya Rianto berpandangan bahwa kerjasama yang baik antara eksekutif dan legislatif yang terjadi selama ini dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan. Selain itu diharapkan kepada seluruh OPD mampu mensinkronkan kegiatan-kegiatan dengan baik yang berkaitan dengan visi dan misi kepala daerah sehingga bisa terealisasi untuk menuju Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera.

Fraksi Partai Gerindra melalui juru bicaranya Adihan menyampaikan terkait penunjang sarana dan prasarana aktivitas masyarakat seperti rumah ibadah, fasilitas untuk menunjang pendapatan masyarakat dalam kelompok tani, kelompok nelayan maupun kelompok lainnya agar hasil pembuangan dan program-program tersebut benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat sehingga pada akhirnya dapat terdampak terhadap perbaikan dan peningkatan taraf hidup masyarakat di Kabupaten Bengkalis.

 

  1. Juru Bicara Fraksi PDIP Febriza Luwu menyerahkan pandangan umum fraksi kepada Ketua DPRD Bengkalis H Khairul Umam.   

 

Dari Fraksi Kebangkitan Bintang Demokrat yang disampaikan Sugianto Suryo Prawiro memberikan apresiasi atas pencapaian opini wajar tanpa pengecualian oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang telah diraih Pemerintah Kabupaten Bengkalis sebanyak 9 kali berturut-turut kemudian sinergitas dan koordinasi  dengan instansi vertikal atas apresiasi penghargaan sebagai Forkopimda terbaik.

Terakhir Fraksi Nasdem Persatuan Pembangunan Indonesia melalui juru bicaranya Rosmawati Sinambela be mengapresiasi kinerja yang sangat baik dan terus meningkat dari tahun ketahun dalam menekan penurunan angka stunting hingga 13,5 persen dalam waktu 1 tahun dan dalam hal ini menjadi daerah terbaik se- Provinsi Riau.


Juru Bicara Fraksi Partai Gerindra Adihan menyerahkan pandangan umum fraksi kepada Ketua DPRD Bengkalis H Khairul Umam.   

Sebelumnya Bupati Bengkalis diwakili Wabup H. Bagus Santoso menyampaikan isi LKPJ Tahun Anggaran 2022. Pemerintah Kabupaten Bengkalis sebagaimana telah disampaikan Menteri Dalam Negeri, Kabupaten Bengkalis merupakan daerah dengan predikat realisasi pendapatan daerah tertinggi kedua se-Indonesia.

"Sementara itu, terkait dengan salah satu rekomendasi DPRD Kabupaten Bengkalis Tahun sebelumnya, agar Pemerintah Kabupaten Bengkalis meningkatkan realisasi pendapatan asli daerah, dapat kami sampaikan bahwa untuk pertama kalinya dalam Delapan Tahun terakhir realisasi PAD kita melebihi target yang ditetapkan," ungkapnya.

 Juru Bicara Fraksi PAN Rianto menyerahkan pandangan umum fraksi kepada Ketua DPRD Bengkalis H Khairul Umam.   

Tahun 2022 PAD Bengkalis mencapai Rp348,103,260,216, atau 101,53%,  meningkat sebesar 82,10 % dari tahun sebelumnya. Secara keseluruhan realisasi pendapatan daerah Kabupaten Bengkalis pada tahun anggaran 2022 adalah Rp.3,327,885,493,738. Atas segala capaian ini, Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengapresiasi kerja seluruh pihak termasuk pimpinan dan anggota dewan yang terhormat.

  1. Juru Bicara Fraksi Nasdem Persatuan Pembangunan Indonesia Rosmawati Sinambela menyerahkan pandangan umum fraksi kepada Ketua DPRD Bengkalis H Khairul Umam.

 

"Dalam penanganan Stunting di Kabupaten Bengkalis, kami apresiasikan kepada seluruh pemangku dan masyarakat Kabupaten Bengkalis bahwa kita telah menekan angka Presentase secara drastis prevalensi stunting dari 21,9 persen Tahun 2021, menjadi 8,4 persen atau menurun 13,5 persen pada Tahun 2022 dan kita terendah di Provinsi Riau," ucapnya. adv  

Juru Bicara Fraksi Kebangkitan Bintang Demokrat Sugianto Suryo Prawiro menyerahkan pandangan umum fraksi kepada Ketua DPRD Bengkalis H Khairul Umam.