BPKP Perwakilan Riau Dalami Evran Pemkab Bengkalis

Selasa, 24 Oktober 2023

BENGKALIS-Menindaklanjuti hasil asersi yang disampaikan Pemerintah Kabupaten Bengkalis saat audiensi Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran (Evran) 2023 beberapa waktu lalu, Tim BPKP Perwakilan Provinsi Riau kembali melakukan pendalaman dalam bentuk konfirmasi dan wawancara secara langsung dengan perangkat daerah.

Berdasarkan data yang dihimpun, pendalaman ini dilakukan terhadap sejumlah program/kegiatan/sub kegiatan yang dilaksanakan oleh sejumlah Perangkat Daerah di Kabupaten Bengkalis, sesuai dengan 5 aspek yang menjadi  fokus evaluasi.Total ada 19 Perangkat Daerah yang akan mengikuti proses konfirmasi dan wawancara dengan rentang waktu dari Selasa (24/10/2023) hingga Jumat (27/10/2023).

Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis, dr. Ersan Saputra TH, saat meninjau langsung jalannya proses wawancara di ruang rapat lantai I Bappeda, Selasa (24/10/2023) mengatakan, Pemkab Bengkalis merespon positif dan berterima kasih kepada Tim BPKP Perwakilan Provinsi Riau atas pelaksanaan agenda ini.

Karena ini merupakan bentuk dukungan kepada Pemkab Bengkalis untuk melangkah lebih maju ke depan dan akan mendapatkan catatan serta arahan terhadap Implementasi Kebijakan dan strategi sehingga effort Pemkab Bengkalis menjadi lebih optimal nantinya dalam menghasilkan kinerja yang semakin baik khususnya terhadap 5 aspek.

Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis, Rinto yang ikut mendampingi Sekda dalam peninjauan mengatakan, pendalaman maupun wawancara ini sangat diperlukan dan merasa sangat terbantu. “Dengan pendalaman dan wawancara dalam rangka Evran 2023 ini Kita akan memperoleh catatan-catatan hasil evaluasi dari kaca mata tim. Ini merupakan bentuk penilaian atas kinerja perencanaan dan implemenntasinya, sehingga kita akan mengetahui bagaimana kinerja kita dalam hal ini menurut penilaian pihak BPKP yang memang berkompeten untuk itu,” papar Rinto.

Di samping itu, sambung Rinto, hasil evran ini akan sangat diperlukan sebagai acuan terhadap tindakan korektif maupun upaya penyempurnaan ke depan. Rinto juga berharap agar Perangkat Daerah yang terlibat dalam Evran kali ini dapat memberikan penjelasan dengan baik dan detail termasuk justifikasi-justifikasi jika memang diperlukan. Sehingga terbentuk komunikasi dua arah yang efektif guna proses pembelajaran untuk perbaikan/pengembangan ke depan.***