KUBE Diharapkan Mampu Pulihkan dan Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Senin, 07 Agustus 2023

PINGGIR–Guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pengurus dan anggota Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Wilayah Kecamatan Pinggir dan Talang Muandau, agar lebih berdaya dalam meningkatkan perekonomian, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis melaksanakan bimbingan teknis (bimbingan teknis) sekaligus penyerahan secara simbolis batuan KUBE di sejumlah kemacatan.

Di antaranya Kecamatan Pinggir dan Talang Muandau digelar di Kantor Camat Pinggir pada Kamis (22/06/23). Kemudian di Kecamatan Mandau dan Bathin Solapan yang digelar di Hotel Susuka Duri pada Senin (7/8/2023).

Bupati Bengkalis, Kasmarni menilai keberadaan KUBE memiliki arti penting dan strategis di tengah kehidupan masyarakat saat ini. "Karena melalui KUBE, kami pemerintah daerah berupaya untuk membangun kesadaran serta meningkatkan kemandirian masyarakat guna mengembangkan usaha ekonomi produktifnya, agar mampu memberi nilai tambah ekonomis dan kemandirian melalui infrastruktur ekonomi sosial yang berkelanjutan," ujar Bupati ketika membuka Bimtek di Hotel Susuka Duri. 

 

Bupati berharap kepada pengurus dan anggota KUBE dapat terus meningkatkan kompetensinya agar dapat terus membangun kerjasama dan koordinasi yang baik, serta memperkuat tekad untuk menjadi episentrum terhadap program-program penanganan kemiskinan di Negeri Junjungan ini, agar secara bersama-sama bisa mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera.

Selanjutnya kepada Dinas Sosial sebagai leader utama dan para pendamping sosial KUBE, untuk terus melakukan pendampingan kepada KUBE yang ada di daerah ini, agar usaha ekonomi produktif mereka lebih terarah dan mencapai tujuannya, pinta Kasmarni.

"Terus bimbing dan arahkan mereka dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi usaha secara bersama-sama. Sehingga dapat memupuk kepercayaan diri mereka dan tentunya mendorong tumbuhnya rasa kesetiakawanan di antara sesama anggota maupun dengan komunitas lain di lingkungan mereka," pintanya.

"Bantuan ini merupakan bentuk perhatian dan tanggung jawab kami pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, wujud komitmen kami dalam mengimplementasikan salah satu program unggulan daerah yakni Program Akses Jaminan Sosial dan Kesehatan Total Bagi masyarakat, melalui kegiatan bantuan sosial masyarakat," tuturnya. ***