Perkenalkan Aplikasi e-TJSP, Bappeda Juara I Lomba Inovasi Kategori Perangkat Daerah

Selasa, 12 Desember 2023

Plt Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, H Alfakhrurrazy menyerahkan piagam penghargaan kepada Sekretaris Bappeda Syahruddin, Selasa (12/12/2023).

BENGKALIS–Melalui Aplikasi e-TJSP, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bengkalis berhasil meraih juara I pada Lomba Inovasi Daerah (LIDA) tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2023 kategori perangkat daerah. Pengumuman pemenang sekaligus penyerahan penghargaan berlangsung di ruang rapat Dang Merdu Lantai IV Kantor Bupati Bengkalis, Selasa (12/12/2023).

Mewakili Kepala Bappeda Bengkalis Rinto, Sekretaris Bappeda Bengkalis Syahruddin menerima penghargaan dari Bupati Bengkalis diwakili Plt Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik H Alfakhrurrazy berupa piala, piagam dan uang tunai sebesar Rp10 juta (potong pajak).

Mendengar Bappeda juara I pada LIDA 2023 yang digelar Badan Penelitian dan Pembangunan (Balitbang) Bengkalis tersebut, Kepala Bappeda Bengkalis Rinto mengucapkan rasa syukur dan menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada pihak penyelenggara. “Tentu saja kita bersyukur atas prestasi yang kita raih ini, dan apresiasi kepada pihak penyelenggara khususnya dewan juri yang telah menetapkan inovasi e-TJSP sebagai inovasi terbaik tahun 2023,” ujar Rinto melalui hubungan ponsel, Selasa (12/12/2023).

Sebagaimana disampaikan dalam beberapa kesempatan, Rinto mengatakan, aplikasi e-TJSP “Tanjak Bermasa” ini lahir guna menjadi solusi dalam memaksimalkan pengelolaan dan implementasi CSR Perusahaan, sekarang diganti menjadi tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perusahaan yang mampu mengatasi kendala ruang dan waktu.

“Pemerintah Kabupaten Bengkalis berupaya mendorong upaya sinergi dan kolaborasi antara Pemerintah Daerah dan dunia usaha dalam memacu akselerasi pembangunan, melalui agenda pengoptimalan impelementasi tanggung jawab sosial perusahaan yang lebih dikenal dengan CSR atau sekarang TJSL,” ujarnya.

Sebagaimana diumumkan oleh Dewan Juri, berikutnya untuk kategori Perangkat Daerah, Dinas Sosial juara 2 dengan judul inovasi Kartu Bengkalis Sejahtera (Siyap Bermasa), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan juara 3 dengan judul inovasi Lipat Jadul (Literasi Permainan Anak Tradisional Jaman Dulu), Dinas Dukcapil harapan 1 dengan judul inovasi Simpel Dukcapil, Dinas Perikanan harapan 2 dengan judul inovasi Aplikasi Kesehatan dan Lingkungan dan Dinas Lingkungan Hidup harapan 3 judul inovasi Si-Sumaker.

Selain kategori Perangkat Daerah, ada dua kategori lagi yang ikut LIDA 2023 yaitu kategori Pemerintah Kecamatan dan kategori Pemerintah Kelurahah/Desa se-Kabupaten Bengkalis. Untuk Kategori Pemerintah Kecamatan, peringkat 1 diraih Kecamatan Mandau dengan judul inovasi Sehari Boga, peringkat 2 Kecamatan Bukit Batu berjudul Sidara PKK Buba, peringkat 3 Kecamatan Mandau berjudul Code Ida, harapan 1 Kecamatan Mandau dengan judul inovasi Am Sapa Bu Kas. Kemudian Kecamatan Bukit Batu berjudul Pelayanan Go-Bermasa harapan 2 dan terakhir Kecamatan Bengkalis inovasi berjudul Kartu Pustaka Pauh HI harapan 3.

Kemudian untuk kategori Pemerintah Kelurahan/Desa diraih oleh Kelurahan Bengkalis Kota sebagai juara 1 dan 2 dengan judul Sistem Pelayanan (SIMPEL) dan judul inovasi Geriya Remaja, peringkat 3 di raih Kelurahan Rima Sekampung dengan judul Sistim Layanan Administrasi Online dan Berita Terbaru (Silatobiru).

Kepada para peraih prestasi dalam Lomba Inovasi tahun 2023 ini, Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Plt Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik H Alfakhrurrazy mengucapkan selamat dan tahniah.

Ia menyampaikan bahwa lomba inovasi daerah ini dapat dijadikan sebagai media guna menumbuhkan semangat inovasi pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik, transparan, dan akuntabel, bagi perangkat daerah, kecamatan, kelurahan maupun desa serta inovasi bentuk lainnya yang ada di masyarakat.***