Wagub Pimpin Upacara Hari Lingkungan Hidup 2013 Provinsi Riau

Senin, 17 Juni 2013

Humasprov Riau

PEKANBARU- Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit memimpin upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun 2013 tingkat Provinsi Riau, di halaman kantor Gubernur Riau, Senin (17/6). Wagubri Mambang Mit membacakan pidato Menteri Lingkungan Hidup RI Prof Dr Balthasar Kambuaya MBA pada upacara tersebut.

Ikut hadir dalam upacara itu antaralain Sekretaris Daerah Riau Drs Zaini Ismail, Asisten I Setdaprov Riau Abdul Latif, Kepala Badan Perpustakaan Arsip Daerah Drs Chairul Riski, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Pusat Data Elektronik Ahmad Syaharofie, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Joni Irwan, Kepala Dinas Perhubungan Surya Maulana, dan Kepala Dinas/Badan/Biro dilingkungan Pemprov Riau lainnya. 

Dalam sambutan Menteri LH yang dibacakan Wagubri Mambang Mit, dinyatakan bahwa dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, pelibatan masyarakat dan swasta serta pemerintah menjadi aspek yang penting. Pemerintah perlu mengeluarkan program yang pro lingkungan, sementara pihak swasta perlu juga menyadari akan pentingnya pemanfaatan SDA yang berkelanjutan, dan masyarakat diharapkan melakukan aksi-aksi ramah lingkungan hidup seperti memilah dan membuang sampah pada tempatnya, menanam dan memelihara pohon atau juga menggunakan energi secara bijak.

Dikatakannya, dalam upaya tersebut, sebagai salah satu wujud peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia maka Kementerian Lingkungan Hidup akan kembali melaksanakan rangkaian peringatan, seperti Acara Kenegaraan di Istana bersama Presiden RI, Acara Anugerah Lingkungan dan Pekan Lingkungan Indonesia (PLI 2013).

PLI 2013 adalah forum yang mempertemukan berbagai pemangku kepentingan untuk menunjukkan kinerjanya di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.  Pemerintah menyampaikan program, capaian dan kondisi lingkungan hidup terkini kepada masyarakat, pihak swasta menyampaikan capaian mereka memanfaatkan sumberdaya alam yang berkelanjutan serta masyarakatpun menyampaikan upaya-upaya yang dilakukan oleh mereka dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Pertemuan ketiga pelaku lingkungan itu akan menjadi ajang masyarakat memperoleh informasi yang tepat dan benar  sehingga menjadi bahan edukasi untuk lebih mendorong kearah cinta dan peduli lingkungan.

"Untuk itulah maka Kementerian Lingkungan Hidup bersama seluruh lapisan masyarakat melakukan peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2013 dengan mengusung tema  “Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi Untuk Selamatkan Lingkungan”, yang selaras dengan tema yang dikeluarkan oleh Badan Lingkungan Hidup Dunia, United Nations Environment Programme (UNEP), yaitu “Think.Eat.Save”," tukasnya.

Dijelaskan, persoalan lingkungan tidak dapat dilihat sebagai suatu yang berdiri sendiri, namun sangat terkait oleh perilaku manusia terutama dalam memenuhi kebutuhannya. Perubahan perilaku melalui gaya hidup tentu saja merubah pola ekstraksi sumber daya alam dan energi yang ada. Manusia didorong untuk tidak menggunakan sumberdaya alam secara tidak berkelanjutan.

Hasil studi Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Tahun 2012 menunjukkan bahwa Indeks Perilaku Peduli Lingkungan (IPPL) masih berkisar pada angka 0,57 (dari angka mutlak 1). Hal ini mengindikasikan bahwa masyarakat kita belum berperilaku peduli lingkungan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Perilaku konsumsi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhannya, 49,3% berupa bahan makanan yang berasal dari luar daerahnya. Kondisi ini tentunya akan memberikan dampak bagi lingkungan seperti meningkatnya emisi karbon kegiatan pengangkutan bahan makanan tersebut dari daerah asal ketempat tujuan.

Dalam mengkonsumsi produk yang dihasilkan daerahnya sendiri tercatat 36,4% masyarakat mengkonsumsi makanan dari produk sayuran dan umbi-umbian lokal. "Data juga menunjukkan bahwa dalam satu bulan konsumsi masyarakat Indonesia terhadap daging ayam lebih besar dibandingkan mengkonsumsi daging merah," ungkapnya.

Pada kesempatan itu Wagubri HR Mambang Mit juga menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada pememang lomba sempena Hari Lingkungan Hidup tahun 2013 yang digelar oleh Badan Lingkungan Hidup Provinsi Riau. (mad)