Kemenag Kampar Taja Pemilihan Keluarga Sakinah

Kamis, 27 Juni 2013

BANGKINANG - Kementerian Agama Kabupaten Kampar akan mengadakan Pemilihan Keluarga Sakinah hari ini (Kamis 27/6). Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kampar Drs H Fairus MA melalui Kasi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Drs H Syafrizal Aziz hari, Rabu (26/6) di ruang kerjanya.

Syafrizal mengatakan, Keluarga merupakan unit terkecil yang penting dalam pembentukan dan pembinaan keluarga sakinah. Keluarga akan membentuk karakter  dan berpengaruh kepada lingkungannya. Jika karakter itu baik, maka akan  berpengaruh baik kepada lingkungannya. Tetapi jika karakter itu tidak baik maka akan berpengaruh pula kepada lingkungannya yang tidak baik.

"Karakter itu juga akan berpengaruh luas bahkan akan menjelma menjadi karakter bangsa. Masyarakat yang terbangun dari keluarga sakinah adalah masyarakat marhamah yang selanjutnya membentuk bangsa yang baldatun thayibatun warabbun ghafur," ucap Syafrizal.

Dikatakannya, untuk menjadikan keluarga bangsa yang sakinah, maka diperlukan keteladanan. Hal ini menjadi penting karena keteladanan akan ditiru, diikuti oleh masyarakat secara luas yangakan berdampak baik bagi penciptaan karakter bangsa yang baik.

Lebih lanjut Syfrizal mengatakan, tujuan dari pemilihan keluaraga sakinah teladan ini adalah untuk Mewujudkan keteladanan bagi keluarga muslim Indonesia umumnya dan keluarga Muslim Kampar khususnya  dalam membangun keluarga sakinah mawadah, warahmah melalui penanaman nilai-nilai ajaran agama, akhlakul karimah dan sosial kemasyarakatan.

"Untuk tahun ini, pemilihan keluarga sakinah teladan akan diikuti 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kampar. Jumlah pesertanya 40 orang yang terdiri dari 20 pria dan 20 wanita. Tempat pelaksanaan pemilihan keluarga sakinah tahun ini akan diadakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kampar," pungkasnya.(Ags)