Memodifikasi BMW M5

Senin, 31 Desember 2012

Modifikasi.com

Tak usah dimodif pun, BMW M5 sudah sangat nyaman dipandang. Mesin 4.400cc V8 twin-turbo dengan tenaga maksimal 560 PS juga mewakili agresivitasnya. Tapi dengan sentuhan tangan dingin dan terampil para modifikator, sedan berperforma tinggi itu semakin elegan dan berkarakter. Berikut paket modif M5 paling berkarakter versi Carbuzz:

1. Romeo Ferraris, lebih tertarik mengembangkan performa mesin. Tenaga dahsyat itu dipertajam dengan paket mesin yang dikembangkan dari penggunaan ECU baru dan rombakan penuh saluran gas buang. Beberapa perantinya menggunakan bahan titanium, mampu menaikkan tenaganya hingga 97 PS dan torsinya meroket 109 Nm. Secara keseluruhan menjadi 657 PS dan torsi 789 Nm!

2. Kelleners Sport, menggunakan body kit berbahan karbon fiber yang kuat tapi ringan. Mulai dari spoiler depan, side skirt, rumahan kaca spion, penambahan difusser belakang, dan spoiler di tutup bagasi. Untuk melengkapinya, pelek diganti dengan bahan ringan. Perpaduan ini membuat M5 tampak semakin ringan.

3. K3 Projekt, memusatkan perombakan pada kaki-kaki. Bekerjasama dengan Soho Imports, M5 mendapatkan paket pelek ”celong” 20 inci berwarna silver dan krom stainlees, dipadu suspensi rendah. Perubahan paling terasa ada di bagian depan dengan bumper yang didesain ulang. Lubang anginnya berbentuk daun yang pinggirannya dilapisi krom.

4. IND, khusus memodifikasi BMW M5 untuk SEMA 2012. Atap diganti karbon fiber dengan penutup bagasi karbon kevlar dari Challenge Engineering. Cat eksterior dikerjakan selama sepuluh hari, terinspirasi dari warna putih Lamborghini. Grafis garis dua warna menghiasi bodi bersihnya. Desain baru didapat dari perubahan bemper depan yang lebih elegan dan bagian belakang yang sudah ditambahi difusser. Suspensi dirombak menggunakan KW ClubSport, rem CarboTech, pelek BBS, dan pipa gas buang Eisenmann.

5. G-Power, mengedepankan konsep M5 Hurricane RR. Jangan terlena dengan kelembutan warna biru lautnya, karena di balik kapnya tersimpan mesin yang naik kelas secara drastis. Rombakan terjadi dengan menambahkan BI-Kompressor System, dan supercahrger ASA T1-313. Tenaganya jadi gila, mencapai 830 PS dan torsi 778 NM. Mesin baru ini mampu melesatkan bodinya dari diam ke 100 km per jam hanya dalam 4,3 detik, kecepatan maksimalnya 369 km per jam! Perubahan di sisi pengereman dan penambahan body kit justru hanya untuk ”kerjaan sampingan”.